Minggu, 07 Agustus 2016

Goa Agung Garunggang

     Situs Ekologi Goa Agung Garunggang terletak di daerah Babakan Madang Kabupaten Bogor, dengan luas sekitar 1 Ha tersusun bebatuan menjulang tinggi dan menyebar.



[ Salah satu batu yang unik ]


     Untuk mencapai lokasi ini jika dari Kota Bogor maka ambilah rute ke arah Jungle Land kemudia terus ke arah Leuwi Hejo. Patokan ada tanda arah Kedung Laya, kalaupun tidak menemukannya ada jalanan setapak kurang lebih 1 Km sebelum jalan masuk ke Curug Asih.
Ikutin jalan cor-coran dengan lebar 1 meter tersebut sampai menemukan pos jaga. Hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk sampai pos tersebut. Bila ingin menitipkan bisa dititipkan ke warga setempat dilanjutkan traking kurang lebih 2-3 Km.
Berhubung kami belum tahu arah menuju lokasi maka diputuskan dengan bantuan warga lokal untuk minta di antar sampai tujuan. Dari pos tersebut jalanan berubah menjadi tanah merah, cadas dan pasir gembur yang bervariasi dengan tanjakan dan turunan selayaknya track motor trail. Dengan nekad kami lalui dengan hati-hati karena cukup sempit dan tidak ada pembatasanya di satu sisi yang melihatkan jurang langsung.









     Satu jam berlalu akhirnya sampai juga di lokasi dengan tempat parkir seadanya dan di sambut oleh seorang kakek yang tingal di kawasan tersebut, beliau setiap harinya merawat sekitar area lokasi situs dan kadang mengantarkan tamu untuk menyusuri goa yang ada di ujung situs.















     Untuk masuk goa harus menggunakan alat bantu karena berbentuk vertical sekitar 6-7 meter kemudian horizontal dengan kedalaman yang belum diketahui. Jangan lupa bawa senter dulu sebelum masuk goa karena sangat gelap dan sempit, didalam goa juga terdapat aliran air kecil dan kehidupan sekumpulan kelelawar. Kami hanya bisa masuk sekitar 10-15 meter saja karena semakin kedalam semakin kecil pula goanya.








     Setelah selesai explore Goa Agung Garunggang kami lanjut bergegas kembali mengingat jalannya yang berat dan menghindari hujan juga.
Saran dari saya untuk explore Goa Agung Garunggang harus lihat cuaca dulu bila membawa motor sampai lokasi dan pastikan kondisi motor harus sehat serta pengendaranya juga handal.





2 komentar:

  1. Hallo permisi kak. Saya lagi mencari informasi terkait Gua Agung Garunggang Bogor, kebetulan saya mampir ke blog ini. Kalau tidak keberatan, boleh minta kontak WA untuk melakukan wawancara lebih lanjut ? Karena saya lg membutuhkan data pengunjung dalam analisis tugas akhir saya mengenai Gua Agung Garunggang :) terimakasih sebelumnya, maaf mengganggu kak :))

    BalasHapus
  2. Boleh kak, saya kasih lwt DM di IG saja ya @jazztin_ap

    BalasHapus

Follow me

Jangan hanya angan di angan saja