Jumat, 15 Februari 2019

Sejauh Mana Ketahanan Jam Water Resistant Terkena Air

Temen-temen yang suka kegiatan outdoor tentunya tidak asal pakai outfit dan aksesoris, kalau kata orang "salah kostum". Gak lucu kan mau mendaki tapi pakai setelan casual? cocok sih cocok, tapi dari segi kenyamanan bagaimana? hehehe.

Kali ini Saya hanya berbagi info tentang sejauh mana ketahanan jam yang kita pakai jika terkena air, bukan berarti kalau sudah tertulis Water Resistant barati aman terkena air atau buat kegiatan outdoor yang berhubungan dengan air.






Biasanya kode yang tertera di jam tangan menggunakan satuan tekanan Atmosfer yang bertuliskan ATM (Atmosphere Pressure), dan ada yang memakai Bar atau juga M (Meter), tergantung merk jam tersebut.
Untuk 1 ATM = 1.01325 Bar = ± 1 M. Bukan berarti jam tangan yang bertuliskan Water Resist 50 M bukan berarti bisa dipakai menyelam sampai dengan kedalaman 50 meter, namun yang dimaksud adalah tekanan air setara 50 M dalam kondisi statis.

Berikut klasifikasi ukuran Water Resistant yang pada umumnya di jual di pasaran :

Water Resistant 3 ATM / 3 Bar / 30 M
Dalam ukuran ini jam tangan hanya mampu terhadap percikan air atau berwudhu saja, tidak disarankan dipakai saat mandi atau berenang.

Water Resistant 5 ATM / 5 Bar / 50 M
Sudah bisa untuk di pakai berenang di kolam dangkal dan harap hindari pipa-pipa bertekanan air tinggi.

Water Resistant 10 ATM / 10 Bar / 100 M
Sedikit naik level jam ini bisa digunakan untuk berenang dan juga snorkeling saja, dan untuk bermain water sport bertekan arus tinggi masih belum di sarankan.

Water Resistant 20 ATM / 20 Bar / 200 M
Ukuran ini sudah bisa di pakai segala aktivitas olah raga air seperti snorkeling dan menyelam dengan arus rendah. Apabila ingin memakai jam untuk arus tinggi disarankan untuk memakai jam tangan berjenis Diver's Watch.

Pada saat jam masih basah atau masih di dalam air hindari untuk mengoperasikan/ mensetting jam karena tuas jam ketika di tarik dan di tekan rentan air masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me

Jangan hanya angan di angan saja