Sabtu, 19 November 2016

Pendakian Singkat Gunung Bongkok

     Gunung Bongkok merupakan salah satu gunung yang terletak di Desa Cikandang Kabupaten Purwakarta dengan ketinggian 975 Mdpl. Akses dari terminal atau stasiun di Purwakarta sangatlah mudah, dengan menyewa angkot lokal akan di antar sampai lokasi.

     Kami rombongan berangkat dari Stasiun Jakarta Kota menggunakan kereta Patas Purwakarta menuju Stasiun Purwakarta tarifnya cuma Rp. 6,000 dengan fasilitas di kereta AC, toilet serta tempat duduk sama seperti kereta ekonomi yang ke Jawa, bener-bener murah bukan? cocok lah bagi kami yang irit budget. Waktu tempuh Jakarta-Purwakarta sekitar 150 menit tapi tergantung situasi juga kalo ada keterlambatan dan pemberangkatan dari Jakarta hanya 3 kali di jam yang sudah di tentukan. Sesampai di Stasiun Purwakarta sudah di tungguin Mang Jajang yang punya angkot, dia menyiapkan 2 mobil untuk kami menuju basecamp Gunung Bongkok dengan rute yang variatif dari jalan aspal, jalan sedikit bebatuan, jalan cor, naik-turun dan berkelok-kelok. Sekitar 2 jam perjalanan menuju basecamp tidak lah membuat bosan karena kita bisa melihat sawah-sawah mirip di Ubud serta beberapa gunung yang menjulang tinggi.

     Sesampai di basecamp mengurus simaksi lanjut berjalan sekitar 10 menit menuju pos 2 di camp ground untuk mendirikan tenda, tempat mau buat diriin tenda se RT cukuplah dengan ada beberapa saung besar dan dekat dengan toilet. Dari pos 2 ini kita sudah bisa melihat Waduk Jatiluhur dan kalau malam terlihat lampu-lampu Kota Purwakarta.

     Rencana jam 5 pagi mau summit ke puncak lihat sunrise katanya, ternyata masih mager buat beranjak dari tenda, haaha.. Mungkin lelah karena malemnya ronda sampai larut malam. Tracking ke puncak memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan medan tanan dan bebatuan juga, kemiringan dari 15 derajat sampai 45 derajat lebih ada yang mengharuskan tenaga extra, tapi tenang disana sudah terpasang tali untuk membantu kita untuk naik dan turun sehingga tidak begitu susah untuk melewatinya. Satu, dua, tiga, empat, lima tanjakan di lewati ketemulah percabangan antara ke puncak batu tumpuk dan ke puncak datar 2. Dan kami memilih ke puncak batu tumpuk atau dengan nama lain Puncak Singeluk, dengan 1 tanjakan anak tangga sudah sampai. Dari puncak tersebut bisa memandang 360 derajat sekeliling Gunung Bongkok, kita bisa melihat Gunung Parang yang gagahnya dan di baliknya ada Gunung Lembu serta Waduk Jatiluhur yang tenang.


 
Puncak Singeluk Gunung Bongkok



Jangan lupa tonton video singkat perjalan dari awal perjalan sampai puncak Gunung Bongkok, seru lho perjalannya...






1 komentar:

  1. Hallo semuanya ,Kami menawarkan berbagai pilihan permainan online game dan Live game yaitu : Baccarat, BlackJack, Roulette, Sic Bo, Slot game , Taruhan Bola, Tembak ikan dan masih banyak lagi !!!!

    Eiittt Nikmati bonus deposit pertama sebesar 25 %
    Nb : Syarat dan ketentan berlaku

    Ayo langsung kunjungi website kami di :
    sukahoki88.com

    BalasHapus

Follow me

Jangan hanya angan di angan saja