Rabu, 02 November 2016

Ulasan Buku : You Belong to Me





Penulis                   : Mary Higgins Clark
Penerbit                 : PT. Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa           : Rini Buntaran
Tahun Terbit          : 1999
Jumlah Halaman    : 400 halaman

Susan Chander, seorang psikolog klinis dan pembawa acara regular di salah satu program radio populer “Tanyakan Susan” sedang mempromosikan sebuah buku yang baru dilaunching berjudul “Wanita-wanita yang Lenyap” karya dari Donald Richard, seorang penulis buku dan juga psikiater kriminologi. Buku itu menceritakan tentang semakin maraknya wanita yang raib secara mendadak tanpa kabar, sampai bagaimana teknik proteksi yang mudah dilakukan wanita-wanita ketika menghadapi situasi yang sulit.
Beberapa saat pada sesi tanya jawab dan konsultasi di radio, semua berjalan baik dan lancar. Sampai Susan menyinggung mengenai kasus Regina Clausen, seorang konsultan keuangan muda berbakat, yang lenyap 3 tahun yang lalu saat berpesiar ke Hongkong dan hanya meninggalkan cincin sederhana berbahan pyrus yang di dalamnya berukirkan “you belong to me”. Pada saat sesi telepon interaktif, tersambung salah satu pendengar yang membeberkan bahwa dia pun mendapat cincin serupa dan ajakan dari seorang pria menawan yang belum pernah dikenalnya pada saat berpesiar sendirian.

Tidak lama setelah mengungkapkan kesaksian, sang penelepon pun menjadi korban dari kecelakaan lalu lintas yang di sengaja. Bahkan tiap-tiap bukti yang semakin mendekatkan untuk mengungkap jati diri si pelaku, malah menjadi korban berikutnya.


See the pyramids along the Nile
Watch the sun rise from the tropic isle
See the market place in Old Algiers
Fly the ocean in silver plane
See the jungle when it’s wet with rain
Just remember till you’re home again
You belong to me


Menatap matahari terbit di pulau tropis
Melihat pasar di Aljir kuno
Menyebrangi lautan dengan pesawat perak
Melihat hutan basah tertimpa hujan
Ingatlah sampai kau kembali pulang
Kau milikku


         Akan kah lirik lagu tersebut menjadi kunci dari kasus pembunuhan berantai? Mampu kah Susan Chandler berlomba dengan waktu sebelum kakaknya, Dee Chandler menjadi mangsa berikutnya?

Kembali Queen of suspense, menunjukkan taringnya dalam karya nya ini. Alur yang dibuat cepat, penulisannya pun padat, minim kiasan yang mempermudah pembaca dalam memahami cerita. Selalu ada kejutan yang disuguhkan di setiap halaman yang dibalik. Bukan jenis buku yang cocok dibaca untuk pengantar tidur. Alih-alih terlelap karena jenuh membaca isi buku, pembaca malah dibuat penasaran atas cerita yang tidak tertebak dan berupaya menduga-duga sendiri siapa pelaku pembunuhan berantai.
Seperti yang sudah menjadi ciri khas Mrs. Clark, setiap tokoh dideskripsikan sebagai pribadi yang baik, professional dan terhormat di masyarakat. Namun di sisi lain, setiap tokoh pun dibuat memiliki kemungkinan yang sama besarnya untuk menghabisi nyawa orang-orang yang menjadi korban.
Pesan Saya yang sudah sudah lebih dulu membaca novel “Loves Music, Loves to Dance” yang juga karya Mrs. Clark dan langsung membaca novel ini, sebaiknya relax and take a deep breath for a while dulu deh. Karena ada beberapa tokoh yang diberi nama yang serupa di novel yang Say abaca sebelumnya, meskipun cerita masing-masing novel tidak ada korelasinya sama sekali. Awalnya Saya sempat kebingungan karena di novel sebelumnya tokoh A kepribadiannya baik, tapi kenapa di novel kepribadiannya jadi buruk. Pikiran Saya, mungkin Mrs. Clark menyukai nama-nama tertentu sehingga digunakan kembali hehe..
Sekian ulasan dari Saya, terima kasih telah membaca yaa J


Diulas oleh Dwi Isti Anggraini

1 komentar:

  1. Hallo semuanya ,Kami menawarkan berbagai pilihan permainan online game dan Live game yaitu : Baccarat, BlackJack, Roulette, Sic Bo, Slot game , Taruhan Bola, Tembak ikan dan masih banyak lagi !!!!

    Eiittt Nikmati bonus deposit pertama sebesar 25 %
    Nb : Syarat dan ketentan berlaku

    Ayo langsung kunjungi website kami di :
    sukahoki88.com
    ==============

    BalasHapus

Follow me

Jangan hanya angan di angan saja