Minggu, 06 November 2016

Ulasan Buku : Daddy’s Little Girl





Penulis                    : Mary Higgins Clark
Penerbit                  : PT. Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa            : Kathleen SW
Tahun Terbit          : 2004
Jumlah Halaman   : 440 halaman

Ellie Cavanaugh mendapati kakaknya, Andre Cavanaugh tidak pulang tadi malam. Pada malam sebelumnya Andrea izin untuk mengerjakan tugas dan belajar matematika di rumah Joan dan akan pulang sendiri tepat pada pukul 9 malam. Namun lewat dari waktu yang dijanjikan Andrea belum pulang juga, bahkan setelah disusul oleh ibu nya ke kediaman Joan ternyata Andrea sudah izin pulang dari pukul 8.
Ayahnya yang merupakan polisi daerah tempat mereka tinggal, Oldham, saat mendengar kabar tersebut langsung mengerahkan rekan-rekannya untuk mencari dimana keberadaan Andrea. Bahkan sampai pada keesokan harinya, pencarian itu pun masih nihil. Andrea belum ditemukan.
Andrea merupakan sosok yang remaja 15 tahun yang menyenangkan. Meskipun sedikit bandel, Andrea banyak disukai oleh orang-orang. Andrea memiliki pacar, yaitu Rob Westerfield yang juga memiliki perilaku serupa. Rob pernah ditilang karena kedapatan mengebut dan ada Andrea disebelahnya. Andrea dan teman-temannya pun sering pergi ke “tempat persembunyian” untuk merokok dan nongkrong. Ellie sering diajak untuk pergi ke tempat persembunyian, meskipun sering dikeluhkan oleh teman-teman Andrea yang lain, Andrea selalu bilang bahwa Ellie anak yang baik dan tidak suka mengadu.
Tau bahwa pencarian Andrea belum menemukan hasil, maka Ellie mencoba mencari di tempat persembunyian. Tempat persembunyian sesungguhnya adalah garasi rumah Nenek Rob yang hanya didatangi pemiliknya untuk menghabiskan waktu di musim panas. Betapa terkejutnya Ellie ketika mendapati apa yang dicarinya. Mayat Andrea ditemukan dengan luka penganiayaan di bagian kepala.
Pencarian pelaku pun dimulai. Rob ditangkap karena, kesaksian Ellie bahwa kakaknya memang berencana untuk menemui Rob di garasi setelah pulang dari rumah Joan. Baju-baju Rob yang dicuci menggunakan pemutih pun masih ada bekas noda darah Andrea. Serta dongkrak yang menjadi senjata pembunuh tersimpan di bagasi mobil Rob terselip beberapa helai rambut Andrea.
Menjalani 22 tahun masa hukuman di penjara tidak membuat Rob mengakui kejahatannya. Di akhir masa tahanannya, Rob mengajukan pembebasan bersyarat dan berupaya untuk membersihkan nama baiknya dengan cara mengajukan sidang ulang dengan membawa saksi kunci yaitu Will Nebels.
Will Nebels, pekerja serabutan yang menawarkan jasa membereskan rumah-rumah di kawasan Oldham, membuat kesaksian bahwa pada malam kejadian dia melihat sosok Paulie Strobel mengendarai mobil Rob dan membunuh Andrea di garasi rumah nenek Rob. Paulie memang sudah sekian tahun memendam hati kepada Andrea, namun cinta nya tidak pernah terbalas.
Ellie yang sudah menjadi reporter investigasi di Alaska saat melihat tayangan tersebut di televisi merasa geram atas pengakuan yang dikemukakan Will Nebels. Ellie yakin bahwa Will Nebels sudah disuap oleh keluarga Westerfield.
Seketika itu Ellie meninggalkan kariernya dan melakukan penyelidikan untuk membuktikan bahwa Rob memang bersalah. Tidak segan-segan Ellie mendatangi penjara sing sing, tempat Rob ditahan, dengan membawa karton yang bertuliskan, siapa yang dapat memberi informasi mengenai Rob Westerfield maka akan mendapatkan imbalan serta tidak lupa dicantumkan no hp nya. Tidak hanya itu, Ellie pun melakukan penyelidikan ke sekolah-sekolah yang pernah Rob masuki untuk melihat track record-nya.
Setiap informasi yang Ellie peroleh dari berbagai informan dan bukti-bukti selalu dia tuliskan di website. Tulisan Ellie di website nampaknya cukup dikhawatirkan keluarga Westerfield yang memang dipandang terhormat di masyarakat.
Kejadian-kejadian mengerikan pun segera saja menghampiri Ellie, dimulai dari apartemennya yang dimasuki orang, adanya tambahan catatan di laptop, apartemennya terbakar pada saat tidur, ada yang menguntit setiap Ellie bepergian bahkan sampai mobilnya dihancurkan dan tangki bensinnya dipenuhi pasir. Mengetahui hal-hal tersebut, ayah, adik tiri dan mantan ataasan Ellie, Pete sungguh mencemaskan keadaan Ellie.
Betulkah Rob Westerfield terbukti bersalah? Siapakah selama ini yang mengincar nyawa Ellie? Mampukah Ellie selamat?

Pendapat saya setelah membaca novel Daddy’s Little Girl ini adalah: Pertama tokoh utamanya bukanlah karakter yang menyenangkan dan dengan mudah dijadikan favorit. Selain keinginan untuk mengungkap pelaku pembunuh Andrea, nyaris semua isi benaknya tidak mengandung simpatik. Belum lagi kekeraskepalaan dan kekurangajarannya yang bikin antipati. Bayangkan sudah ditawari berbagai macam kebaikan, dari ayah, adik tiri, teman Andrea (Joan), mantan atasan (Pete), bahkan Mrs. Hilmers yang apartemennya terbakar habis saat karena Ellie di dalamnya, dia tetap tidak peduli.
Kedua sepertinya Ellie hidup di masa lalu. Di beberapa kesempatan Ellie selalu membayangkan kalau Andrea masih hidup, pasti keluarganya masih kumpul bersama, harmonis dan tidak terjadi kejadian-kejadian buruk yang dialaminya sekarang. Ketiga Paulie Strobel juga bukan sosok yang menyenangkan. Pemuda dewasa digambarkan terlalu lemah. Bayangkan pada saat dituduh oleh keluarga Westerfield sebagai pembunuh Andrea sesungguhnya, Paulie langsung mencoba bunuh diri dengan mengiris urat nadi. Paulie juga selalu didampingi ibunya ketika mengungkapkan kesaksian.
Ketiga novel ini agak membosankan, karena mengangkat kejadian 22 tahun yang lalu bahkan pelaku sudah menjalani masa tahanan. Bahkan saya sudah dapat menebak siapa pelaku nya di tengah-tengah membaca. Membaca novel ini, saya membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding karya Mrs. Clark yang lain. Keempat seperti novel-novel pendahulunya, selalu disisipkan unsur romantik di akhir cerita. Bahwa tokoh utama akhirnya bertemu dengan pujaan hati.
Sekian ulasan dari saya, terima kasih.


Diulas oleh Dwi Isti Anggraini

1 komentar:

  1. Hallo semuanya ,Kami menawarkan berbagai pilihan permainan online game dan Live game yaitu : Baccarat, BlackJack, Roulette, Sic Bo, Slot game , Taruhan Bola, Tembak ikan dan masih banyak lagi !!!!

    Eiittt Nikmati bonus deposit pertama sebesar 25 %
    Nb : Syarat dan ketentan berlaku

    Ayo langsung kunjungi website kami di :
    sukahoki88.com
    ==============

    BalasHapus

Follow me

Jangan hanya angan di angan saja